Mitsubishi Panggil 30.823 Pemilik L300 ke Bengkel Resmi, Akibat Masalah Ini
Moveroad – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara khusus memanggil 30.823 pemilik Mitsubishi L300 di seluruh Indonesia ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan gratis.
Pemanggilan ini, dilakukan Mitsubishi karena adanya masalah pada connecting rod (batang penghubung) di mesin Mitsubishi L300. Sebagai temuan hasil investigasi dan pemeriksaan yang dilakukan karena bisa berdampak pada mesin mati.
Perbaikan atas kerusakan connecting rod pada Mitsubishi L300 ini dilakukan mulai 6 Agustus 2025. Serta terindikasi pada model Mitsubishi L300 produksi Juni 2022 hingg Januari 2024. Kerusakan komponen disebut bisa menyebabkan mesin mati mendadak dan mogok.
Baca Juga: Bukti Indonesia Belum Siap Tangani Limbah Baterai Mobil Listrik
Kerusakan dipicu oleh dua hal yakni, kinerja waterproof yang tidak memadai pada bagian konektor di engine control harness, dan kerusakan injector yang diakibatkan oleh kontaminasi bahan bakar dan penggunaan saringan bahan bakar imitasi atau non genuine oleh pemilik kendaraan.
Prosedur Pelaksanaan Teknis Kampanye Pemeriksaan
Pada kampanye pemeriksaan ini, MMKSI melalui diler resmi Mitsubishi Motors di Indonesia melakukan pemeriksaan/ inspeksi terhadap unit kendaraan terlibat. Dan bila diperlukan teknisi akan melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang berpotensi bermasalah dan dapat menggangu kenyamanan konsumen, seperti perbaikan konektor (Harness), atau penggantian Harness, Common Rail, dan Pipe.
Sebagai tambahan, teknisi diler resmi Mitsubishi Motors juga akan melakukan penggantian item Fuel Filter secara gratis. Sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen Mitsubishi L300 terlibat, dan berpartisipasi pada kampanye pemeriksaan ini, MMKSI akan memberikan 10 fuel filter original gratis, yang akan didistribusikan sesuai jadwal perawatan berkala.
Peningkatan Kualitas Produksi Mitsubishi L300 Sebagai langkah lebih lanjut agar konsumen tidak mengalami hal tersebut pada unit yang diproduksi setelah tahun kendaraan terlibat, MMKSI dan MMKI telah berkoordinasi dan melakukan peningkatan dari sisi produksi dengan mengganti kabel kontrol mesin dengan tipe yang memiliki tingkat ketahanan terhadap air lebih tinggi, yang telah diterapkan sejak 1 Februari 2024.
Baca Juga: Honda Kalah Saing! Garansi Motor Yamaha Sekarang 10 Tahun
Cara Berpartisipasi Pada Kampanye Pemeriksaan
1. MMKSI akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen melalui diler, informasi lewat SMS dan Whatsapp, serta pengumuman informasi lewat website dan kanal resmi sosial media MMKSI.
Selain itu Konsumen Mitsubishi L300 di Indonesia dengan unit yang produksi pada periode Juni 2022 – Januari 2024 dapat melakukan konfirmasi bila kendaraannya termasuk dalam daftar terlibat, dengan berbagai cara:
Menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors terdekat dengan lokasinya. Daftar dan informasi kontak diler resmi dapat dilihat pada tautan ini Menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care di 0804–1–300–300 Menghubungi MIRA (Mitsubishi Virtual Assistance) melalui WhatsApp di
0811–1301–1300 maupun aplikasi My Mitsubishi Motors https://bit.ly/MitsubishiApps
Memasukan nomor rangka kendaraan sesuai dengan judul kampanye pemeriksaan pada tautan Kampanye Pemeriksaan laman resmi
2. Konsumen melakukan booking/ penjadwalan aktivitas kampanye pemeriksaan di diler resmi. Aktivitas kampanye ini dimulai dari tanggal 6 Agustus 2025.
3. Konsumen melakukan pemeriksaan kendaraan di diler resmi sesuai dengan jadwal yang telah dibuat pada kontak/ komunikasi sebelumnya
4. Kendaraan terlibat akan diperiksa dan dilakukan perbaikan/ penggantian komponen terkait, sesuai hasil pemeriksaan, secara gratis dan bebas biaya.
5. Estimasi durasi pemeriksaan, termasuk perbaikan atau penggantian komponen sekitar satu hingga empat jam. Tergantung situasi dan kondisi.
Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI, Mitsubishi L300 merupakan model legendaris kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 1981, dan telah menemani masyarakat dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan dan pencapaian usaha mereka.
“Program kampanye pemeriksaan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors di seluruh proses kepemilikan kendaraan, dengan menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan, serta menjamin layanan di periode purna jual bagi para pengguna di Indonesia. Kami mengundang konsumen Mitsubishi L300 dengan kendaraan terlibat untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” pungkasnya



