Motor

Motor Honda Harga Ratusan Juta Ternyata Berasal dari Limbah Daur Ulang

Moveroad – Memiliki Motor Honda dengan harga ratusan juta, tentu menjadi impian bagi kaum lelaki. Terlebih dengan desain sporti, kapasitas mesin besar menjadi nilai lebih dari kebanyakan motor di jalan raya yang harganya di kisaran puluhan juta.

Tentu pemilik Motor Gede Honda memiliki kebanggaan dan kelas sosial berbeda tentunya. Namun bagi para pemilik motor Honda harga ratusan juta, harus menyadari jika motor mahal kelas moge seperti Honda Forza 750 dan XADV, merupakan motor yang bagian partnya berasal dari bahan limbah daur ulang. 

Bukan isapan jempol maupun isu black campaign pada produsen berlogo sayak kepak ini, bahkan pabrikan motor yang di Indonesia menjadi nomor satu penjualannya ini mengakui jika kedua model motor Forza 750 dan XADV produksi 2025 memang menggunakan limbah daur ulang. 

Baca Juga: Skuter Matik Gaya Klasik Harga Rp30 Jutaan Racikan Honda Tambah Warna Baru 

Limbah daur ulang tersebut berasal dari beberapa material daur ulang dari konsumen yang disimpan bengkel Honda saat melakukan penggantian komponen seperti bodi dan lain-lain. Seluruh material ini kemudian diolah dan dijadikan komponen untuk produksi motor baru Honda. 

“Honda juga mengatakan telah mengambil “material daur ulang pra-konsumen” dan memanfaatkannya dalam pembuatan panel bodi model-model termasuk NC750X, Forza 750, dan X-ADV. Di AS, kita mendapatkan NC750X, tetapi tidak mendapatkan dua skuter yang lebih besar yang dijual di Eropa.” ungkap laporan dilansir Rideapart Rabu (20/8). 

Honda telah menggunakan material baru dari limbah daur ulang  pada beberapa model sepeda motornya yang banyak mengandung plastik, kemudian beberapa model juga rencananya akan menggunakan sistem dan teknik yang sama. 

Baca Juga: Modifikator Bandung Ciptakan Fazzio Hybrid Aliran JDM 

Langkah ini dinilai produsen Honda jauh lebih mudah menggunakan bahan pra-konsumen yang telah didaur ulang daripada bahan pasca-konsumen, karena alasan sederhana, yaitu akuntabilitas. Honda tahu bahan kimia dan proses apa yang telah terpapar pada serpihan plastik ini, sehingga dapat dengan aman dan andal membentuknya menjadi sesuatu yang lain tanpa khawatir. Masuk akal, kan?

Semua hal yang telah saya jelaskan sejauh ini berlaku untuk plastik berwarna buram. Tapi bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa Honda juga telah menggunakan plastik Durabio Mitsubishi di beberapa motornya sejak 2024?

Motor pertama yang menggunakan plastik bio-rekayasa ini adalah NC750X tahun 2024 dan kaca depan yang bagus dan bening pada CRF1100L Africa Twin, juga dari tahun 2024. Setelah uji coba kaca depan pertama itu berjalan dengan baik, Honda mulai menggunakan bahan yang sama untuk plastik pada X-ADV, NC750X, dan XL750 Transalp. Dari sana, Honda mengatakan, mereka juga akan menggunakan bahan ini pada model-model tambahan di masa mendatang.

Daur ulang ini juga melampaui penggabungan potongan-potongan plastik yang sebelumnya akan dibuang. Honda mengatakan telah menemukan cara untuk mendaur ulang aluminium menjadi roda. Pertama, pada roda berdiameter kecil seperti Super Cub dan skuter, lalu pada model sepeda motor yang lebih besar di Jepang. 

Setelah sukses dengan uji coba pasar terbatas ini, Honda menyatakan berencana untuk terus memperluas penggunaan aluminium daur ulang dalam proses produksi rodanya untuk model dan pasar tambahan di masa mendatang.

Related Articles

Back to top button