GIIAS Surabaya Sedot 31.870 Pengunjung, Minus Data Penjualan Mobil
Moveroad – Pameran GIIAS Surabaya berhasil menyedot 31.870 pengunjung selama 5 hari penyelenggaraan, yang resmi ditutup 31 Agustus 2025.
Penyelenggaraan pameran otomotif ke-10 di Jawa Timur ini, sayangnya tidak menghadirkan angka penjualan mobil selama pameran berlangsung. Tahun ini pameran GIIAS Surabaya yang awalnya hanya menempati lahan 6.000 meter menjadi 13.000 meter persegi dengan perkembangan yang semakin besar.
Pameran yang dibuka langsung Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI, Bapak Setia Diarta, serta didampingi oleh Plt. Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Ardika serta Ketua GAIKINDO, Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara Pameran, Rizwan Alamsjah. Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyatakan bahwa penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2025 jadi gambaran dukungan masyarakat terhadap industri otomotif Indonesia masih sangat tinggi.
“Di tengah berbagai tantangan, GIIAS Surabaya 2025 tetap berlangsung dengan lancar, tingginya antusiasme dari masyarakat yang hadir, Gaikindo meyakini bahwa semangat ini akan menjadi dorongan yang sangat positif untuk capaian industri otomotif nasional,” ujar Nangoi dalam keterangan resminya Senin (2/8).
HADIRNYA MOBIL BARU MENJADI MAGNET PENGUNJUNG GIIAS
Surabaya 2025 menghadirkan total 30 merek kendaraan yang berpartisipasi, terdiri dari merek kendaraan penumpang, yaitu AION, BAIC, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Denza, Geely, GWM, Honda, Jaecoo, Lexus, Mazda, MG.
Selain itu, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Vinfast, dan Wuling. Untuk kendaraan komersial, hadir DFSK yang melengkapi deretan peserta
Adapula 8 merek sepeda motor turut meramaikan pameran, antara lain Aprilia, Kupprum, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Scomadi, Umited E-Motor, dan Vespa.
Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, menyampaikan bahwa keberagaman merek dan teknologi terbaru yang dipamerkan di GIIAS Surabaya 2025 menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.
“Sepanjang penyelenggaraan, antusiasme masyarakat terhadap GIIAS Surabaya 2025 cukup tinggi memenuhi area pameran setiap harinya. Hingga penutupan, tercatat sebanyak 31.870 orang hadir. Meskipun jumlah ini sedikit di bawah capaian tahun lalu, melihat kondisi saat pameran berlangsung kami menilai hasil tersebut masih sangat positif,” tutur Rizwan.
Ia juga menyampaikan harapan GAIKINDO bahwa hasil positif tersebut juga akan diikuti dengan catatkan pencapaian transaksi yang baik Dari seluruh peserta pameran.
Sejumlah kendaraan model baru yang ditampilkan dalam booth peserta yang meriah juga menjadi pilihan favorit pengunjung GIIAS 2025.
Penghargaan tersebut dibagi dalam tiga kategori, yaitu Favorite Booth, Favorite Car, dan Favorite Motorcycle.Dukungan terhadap penyelenggaraan GIIAS 2025 juga datang secara penuh dari berbagai sponsor dan mitra kerja.
Astra Financial kembali hadir sebagai Platinum Sponsor GIIAS Surabaya 2025, bersama FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, MOXA, SEVA, dan Bank Saqu.
Selain Astra Financial, sebagai Platinum Sponsor, GIIAS Surabaya 2025 juga mendapat dukungan dari Powered by PLN Mobile, serta sponsor lainnya, yaitu JKIND, Superchallenge, Kahf, dan Berkah Event.
GIIAS The Series 2025 GIIAS The Series 2025 akan hadir di lima kota strategis di Indonesia, yakni:
GIIAS Tangerang : 24 Juli–03 Agustus 2025 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang
GIIAS Surabaya : 27–31 Agustus 2025 di Grand City Convex, Surabaya
GIIAS Semarang : 24–28 September 2025 di Muladi Dome Undip, Semarang
GIIAS Bandung : 01 – 05 Oktober 2025 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung
GIIAS Makassar : 05 – 09 November 2025 di Summarecon Mutiara Makassar



