Century Merek Baru Toyota Dipersiapkan Tantang Rolls-Royce dan Bentley
Moveroad – Toyota yang akan meluncurkan merek baru Century di Japan Mobility Show pada 31 Oktober 2025, dikabarkan akan diposisikan sebagai kendaraan premium yang berada di atasnya Lexus yang kini dikenal sebagai merek mewah yang dimiliki Toyota.
Lantas secara positioning, dimanakan Century akan melakukan penetrasi segmen pasar global kelas premium. Langkah ini menempatkan Century di atas Lexus dalam hierarki merek Toyota, sekaligus membuka babak baru persaingan di segmen ultra-luxury bersama nama-nama besar seperti Rolls-Royce dan Bentley.
Ketua Toyota, Akio Toyoda, menjelaskan bahwa lahirnya Century sebagai merek tersendiri merupakan bagian dari upaya perusahaan memperluas portofolio kemewahan mereka.
“Ketika kami naik ke level yang lebih tinggi, kami membutuhkan sesuatu di atas Lexus maupun Toyota,” ujar Akio Toyoda seperti dikutip dari Forbes Senin (20/10). “Itulah posisi Century.”
Baca Juga: BYD Tak Lagi di Puncak Penjualan Melambat, Saham Turun Tertekan Regulasi Dalam Negeri
Lexus Jadi Lebih Bebas, Century Jadi “The One of One”
Toyota juga menegaskan bahwa kehadiran Century bukan untuk menggantikan Lexus, melainkan memberikan ruang lebih bebas bagi Lexus untuk bereksperimen dan berinovasi.
Sementara Lexus tetap menjadi merek mewah progresif dan futuristis, Century akan fokus pada eksklusivitas dan kemewahan ekstrem.
“Dalam arti tertentu, Lexus akan lebih bebas bertindak,” ujar Simon Humphreys, Chief Branding Officer Toyota, seperti dikutip dari CarScoops.
Baca Juga: Toyota Siap Luncurkan Merek Mobil Baru, akan Lebih Mahal dari Lexus
“Lexus akan terus menjadi pelopor dalam inovasi, sedangkan Century akan menempati posisi tertinggi — the top of the top, one of one.”
Produksi Terbatas, Eksklusivitas Maksimal
Toyota saat ini memproduksi dua model Century di Jepang:
- Sedan Century dengan mesin V8 hybrid 5.0-liter seharga sekitar US$180.000, dan
- SUV Century dengan V6 plug-in hybrid 3.5-liter seharga sekitar US$170.000.
Produksinya sangat terbatas hanya 50 unit sedan dan 30 unit SUV setiap bulan demi menjaga eksklusivitas dan nilai prestise merek Century.
Transformasi Century menjadi merek tersendiri menjadi langkah penting dalam strategi jangka panjang Toyota untuk memperkuat posisinya di segmen kendaraan premium global.
Dengan filosofi “One of One”, Century diharapkan menjadi simbol tertinggi keanggunan dan ketepatan teknik otomotif Jepang, sekaligus membawa semangat baru bagi industri mobil mewah dunia.



