Asuransi Astra Raih Dua Penghargaan Bergengsi, Tegaskan Komitmen Hadirkan Inovasi dan Peace of Mind bagi Pelanggan
Moveroad – Konsistensi Asuransi Astra dalam menghadirkan rasa peace of mind bagi pelanggan dan masyarakat kembali mendapat apresiasi di kancah nasional. Melalui produk asuransi mobil andalannya, Garda Oto, perusahaan berhasil meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus.
Diantaranya juara 1 Indonesia Most Reputable Companies 2025 kategori Asuransi Kerugian Mobil dengan peringkat Very Good pada ajang Indonesia Most Reputable Companies Award 2025 oleh SWA dan Business Digest.
Seamless Customer Experience Initiative of the Year dan Green Engagement Program of the Year – Garda Oto 30th Anniversary pada Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2025 oleh Marketeers.
Penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen Asuransi Astra dalam menjaga reputasi, meningkatkan kualitas layanan, serta memperkuat kepercayaan publik melalui inovasi berkelanjutan yang relevan dengan kebutuhan pelanggan masa kini.
Apresiasi Atas Reputasi dan Inovasi Garda Oto
Ajang Indonesia Most Reputable Companies Award 2025 merupakan bagian dari program SWA-Business Digest Brand Awarding (SBBA) yang memberikan penghargaan kepada merek-merek yang berhasil mempertahankan reputasi positif dan konsistensi kontribusi mereka terhadap pelanggan serta masyarakat luas.
Penilaian dilakukan melalui survei terhadap 5.000 responden di enam kota besar di Indonesia, berdasarkan empat parameter utama: produk dan layanan, kredibilitas perusahaan, nilai dan program, serta hubungan dengan pelanggan.
Baca Juga: Indonesia Bakal Memiliki Mobil Nasional Pada 2028, Prabowo Sebut Model Jeep
Sementara itu, Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) menyoroti merek yang berhasil melakukan terobosan kreatif dan berdampak nyata selama setahun terakhir. Beberapa kriteria utama dalam penilaiannya meliputi creativity, innovation, reach, dan impact, serta aspek produk, layanan, kampanye, dan keberlanjutan program perusahaan.
30 Tahun Garda Oto: Inovasi Berkelanjutan untuk Kenyamanan Pelanggan
Selama lebih dari tiga dekade, Garda Oto terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi masyarakat Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui beragam pengembangan layanan digital dan inisiatif ramah lingkungan, seperti:
- Aplikasi myGarda, yang memudahkan pelanggan membeli atau memperpanjang polis, melaporkan klaim, dan mengakses layanan darurat Garda Siaga.
- Fitur terbaru Virtual Survey, memungkinkan pelanggan melakukan survei kendaraan secara daring melalui video call bersama surveyor, tanpa perlu datang ke lokasi.
- Layanan Garda Akses 24 jam melalui call center 1500112 dan WhatsApp 08950 1 500 112, serta dukungan lebih dari 700 bengkel resmi dengan jaminan suku cadang asli dan garansi perbaikan.
Selain fokus pada inovasi layanan, Garda Oto juga memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan melalui kegiatan Customer Gathering di Dufan (Jakarta) dan Batam, yang diisi dengan aktivitas ramah lingkungan berupa penanaman 3.000 bibit mangrove di Kampung Berseri Astra (KBA) Tua Bakau Serip, hasil dari program donasi “Beli Polis Garda Oto = Donasi 1 Pohon”.
Kontribusi untuk Masyarakat dan UMKM
Asuransi Astra juga berperan aktif dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Astra. Melalui pelatihan literasi keuangan di KBA Tua Bakau Serip, Batam, Garda Oto turut membantu memperkuat fondasi ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Sejalan dengan komitmen “Happy Peacemate, Happy Customer,” Asuransi Astra juga merayakan momen ulang tahun ke-30 Garda Oto bersama seluruh karyawan di kantor pusat dan cabang melalui kegiatan kolaboratif serta tantangan interaktif di media sosial, untuk mempererat hubungan antarpekerja dan memperkuat rasa bangga terhadap perusahaan.
“Kedua penghargaan ini menjadi sumber semangat dan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. Kepercayaan pelanggan merupakan tanggung jawab besar yang kami jawab dengan komitmen penuh untuk tidak hanya memenuhi, tetapi juga melebihi ekspektasi mereka,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm & Event Asuransi Astra.
Ia menegaskan, inovasi akan terus menjadi kunci utama dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. “Kami akan terus menjaga kualitas dan menghadirkan inovasi di setiap langkah agar Garda Oto senantiasa menjadi pilihan utama dan partner berkendara tepercaya masyarakat Indonesia.”



