Sport

Toyota Gazoo Racing Indonesia Bertaji di GT World Challenge Asia Japan Cup 2025 Kelas GT4 

Moveroad – Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mampu bertaji di kelas GT4 gelaran Japan Cup 2025 seri pertama dan kedua di Sportsland Sugo Circuit Japan. Melalui Pembalapnya Haridarma Manopo dan Seita Nonaka. 

Bagian dari GT World Challenge Asia (GTWCA) 2025, TGRI berlaga di touring car kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi memiliki level performa yang setara. 

Toyota GR Supra GT4 Evo 2 dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh GR sehingga menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.

Baca Juga: Panas! Marquez dan Acosta Saling Senggol di MotoGP Aragon, Ini Klarifikasinya

Secara khusus, sistem rem ABS disetel ulang melalui pengujian oleh pembalap-pembalap di sirkuit di Jepang dan Eropa yang memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal berdasarkan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan. 

Waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah dikurangi dengan menyempurnakan setelan putaran mesin melalui pembaruan software, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk menjaga kecepatan menikung.

Pada lomba grand touring car Japan Cup 2024, Haridarma Manoppo yang berduet dengan Seita Nonaka (TGR Driver Challenge Program) nyaris menjadi juara championship

Baca Juga: Proyek Cadillac F1 Buat Bottas Tergoda: “Ini Momen yang Pas untuk Kembali”

Namun setelah melewati pertarungan yang sengit, TGRI mengakhiri musim dengan menjadi juara ke-3 pembalap dan tim Kelas GT4. 

Dua seri awal Japan Cup 2025 di Sportsland Sugo Circuit, menjadi tes perdana bagi TGRI yang memasang target finish pertama Kelas GT4 dengan improvement yang konsisten dan positif di setiap lap time.

Hasilnya, kedua pembalap berhasil mengamankan pole position Kelas GT4. Haridarma sanggup mencatatkan waktu tercepat kedua, sementara Seita meraih superpole di sirkuit sepanjang sekitar 3,7 km. 

Mengawali posisi start pertama sangat menguntungkan duo pembalap TGRI.Start dari posisi ke-1 di race pertama hari Minggu (15/6), Haridarma dan Seita langsung all out mempertahankan posisi finish di posisi pertama dengan waktu tempuh 1:01:45.256.

Baca Juga: Pit Stop Efisien, Sauber Berpotensi ‘Acak-acak’ Formula 1 Musim Ini

“Pembalap TGRI Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, bertarung flat-out dengan mobil balap GR Supra GT4 Evo 2, sehingga mendominasi kedua seri pembuka Japan Cup 2025. Semoga prestasi keduanya dapat terus dipertahankan dengan target mendapatkan gelar juara pertama pembalap dan tim Japan Cup 2025,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

Memulai race ke-2 dengan rasa percaya diri tinggi, Haridarma dan Seita berusaha menjaga pace mobil supaya dapat bertahan di depan dari gempuran pembalap-pembalap lain. 

Peningkatan performa dan handling mobil dapat dimanfaatkan oleh kedua pembalap dengan baik. TGRI akhirnya menuntaskan balap dengan mempertahankan Podium Pertama Race ke-2 Kelas GT4 Japan Cup 2025 Seri ke-1 dan ke-2 dengan overall lap time 1:01:30.520.

Related Articles

Back to top button