Mobil

Gelar Bazar Spare Parts, Daihatsu Turut Edukasi Komponen Aspal untuk Komunitas

Moveroad – Salah satu kegiatan yang diselenggarakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk sahabat klub yang berlangsung di Part Center ADM, Cibitung, Jawa Barat, pada Oktober 2025.

Menjadi ajang bagi Daihatsu dalam memberikan edukasi terkait spare parts asli dan palsu (Aspal) yang menjadi seluruh bagian komponen pada mobil Daihatsu yang dimiliki komunitas sahabat.

Acara yang diikuti oleh pengurus dan perwakilan dari 21 komunitas resmi yang tergabung dalam Daihatsu Official Club mendapatkan langsung edukasi terkait suku cadang Daihatsu dikelola. 

Mulai dari penerimaan dari supplier, penyimpanan, pengecekan kualitas, hingga pengiriman ke bengkel resmi dan toko suku cadang di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Diva Zahra Raih Juara Kelas Wanita di Putaran 5 Kejurnas Sprint Rally 2025 Semarang

Selain melakukan tur ke lokasi penyimpanan suku cadang, Daihatsu juga memberikan edukasi terkait pentingnya memilih suku cadang asli Daihatsu. Penggunaan suku cadang asli Daihatsu sangat penting untuk menjaga performa dan ketahanan kendaraan. 

Suku cadang asli membantu mempertahankan garansi mobil, memastikan kualitas dan keamanan tetap optimal, serta membuat umur pakai kendaraan lebih panjang yang berujung pada nilai jual kembali. 

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan, Daihatsu juga menyediakan tiga pilihan suku cadang sesuai kebutuhan, yaitu Daihatsu Genuine Parts (DGP), Daihatsu Value Parts (DVP), dan ADM Parts. Ketiga jenis suku cadang ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Arai Agaska Kembali Tampil di World Supersport 300, Siap Tantang Pembalap Dunia di Jerez

Melalui edukasi ini, Daihatsu berharap pengguna dapat lebih selektif dalam memilih suku cadang serta mempertimbangkan aspek kualitas yang dapat memengaruhi keamanan berkendara.

Pada kegiatan ini Daihatsu juga menghadirkan Part Bazaar dengan lebih dari 1.200 jenis suku cadang yang ditawarkan secara terbatas, termasuk untuk model legendaris Daihatsu yang kini sudah tidak lagi diproduksi seperti Taruna, Zebra, Taft, Ceria, dan YRV. Momen ini menjadi kesempatan spesial bagi komunitas untuk mendapatkan suku cadang secara mudah dengan harga khusus spesial hingga 60%.

Acara ini menjadi wujud nyata komitmen Daihatsu untuk menjaga transparansi dan kedekatan dengan pelanggan, sekaligus memperkuat peran komunitas sebagai mitra strategis dalam menyebarkan edukasi penggunaan suku cadang asli kepada seluruh pelanggan di Indonesia.

“Acara ini luar biasa! Kami bukan hanya bisa mendapatkan spare part dengan harga terjangkau, tapi juga jadi paham bagaimana proses distribusi suku cadang Daihatsu yang ternyata sangat detail dan terjaga kualitasnya. Rasanya makin yakin untuk selalu menggunakan suku cadang asli Daihatsu,” ujar Endang Sugiantono, Ketua Umum Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC).

Melalui kegiatan ini, Daihatsu berharap sinergi dengan komunitas semakin kuat, dan semangat untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, serta keaslian komponen kendaraan dapat terus tumbuh di kalangan pengguna Daihatsu di seluruh Indonesia.

=====================

Toyota Siap Luncurkan Merek Mobil Baru, Digadang Lebih Mahal dari Lexus 

Moveroad – Infiltrasi pasar yang semakin besar, memposisikan Toyota terus mengembangkan potensi merek perusahaan yang telah menjadi sejarah perjalanannya. Langkah menambah merek baru menjadi salah satu pilihan untuk memperluas segmentasi pasar global industri otomotif. 

Toyota membuat langkah besar di dunia otomotif premium dengan mengumumkan bahwa Century, sedan mewah legendaris yang selama puluhan tahun menjadi simbol kemewahan di Jepang, kini resmi menjadi merek mandiri.

Langkah ini menempatkan Century di atas Lexus dalam hierarki merek Toyota, sekaligus membuka babak baru persaingan di segmen merek mobil super premium yang menjadi simbol kemawahan bagi konglomerat. 

Langkah Strategis Jelang Japan Mobility Show 2025

Pengumuman tersebut disampaikan menjelang Japan Mobility Show 2025 yang akan digelar di Tokyo pada 31 Oktober mendatang.

Ketua Toyota, Akio Toyoda, menjelaskan bahwa lahirnya Century sebagai merek tersendiri merupakan bagian dari upaya perusahaan memperluas portofolio kemewahan mereka.

“Ketika kami naik ke level yang lebih tinggi, kami membutuhkan sesuatu di atas Lexus maupun Toyota,” ujar Akio Toyoda seperti dikutip dari Forbes Senin (20/10). “Itulah posisi Century.”

Century pertama kali diperkenalkan pada 1967 untuk memperingati 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota.

Selama puluhan tahun, mobil ini identik dengan kalangan pejabat tinggi, pemimpin bisnis besar, dan anggota keluarga kekaisaran Jepang.

Century dikenal karena kerajinan tangan yang luar biasa teliti (meticulous craftsmanship) dan kenyamanan luar biasa khas mobil kenegaraan.

Kini, dengan status sebagai merek mandiri, Toyota ingin membawa Century keluar dari bayang-bayang sejarah dan menempatkannya di panggung global sebagai simbol kemewahan tertinggi buatan Jepang.

Toyota memperkenalkan konsep mobil Century “One of One”, sebuah coupe ultra-luxury dengan gaya yang unik dan berani.

Mobil ini menampilkan pintu geser di sisi penumpang, ruang kaki ekstra luas, serta tanpa kaca belakang, menciptakan siluet elegan yang disebut Forbes “seolah Rolls-Royce punya anak dengan SUV.”

Dengan pendekatan desain ini, Century ingin menonjolkan keunikan khas Jepang perpaduan antara tradisi, teknologi tinggi, dan kesederhanaan yang mewah.

Produksi Terbatas, Eksklusivitas Maksimal

Toyota saat ini memproduksi dua model Century di Jepang:

  • Sedan Century dengan mesin V8 hybrid 5.0-liter seharga sekitar US$180.000, dan
  • SUV Century dengan V6 plug-in hybrid 3.5-liter seharga sekitar US$170.000.

Produksinya sangat terbatas hanya 50 unit sedan dan 30 unit SUV setiap bulan demi menjaga eksklusivitas dan nilai prestise merek Century.

Transformasi Century menjadi merek tersendiri menjadi langkah penting dalam strategi jangka panjang Toyota untuk memperkuat posisinya di segmen kendaraan premium global.

Dengan filosofi “One of One”, Century diharapkan menjadi simbol tertinggi keanggunan dan ketepatan teknik otomotif Jepang, sekaligus membawa semangat baru bagi industri mobil mewah dunia.

==========================

Lexus Jadi Lebih Bebas, Century Jadi “The One of One”

Toyota juga menegaskan bahwa kehadiran Century bukan untuk menggantikan Lexus, melainkan memberikan ruang lebih bebas bagi Lexus untuk bereksperimen dan berinovasi.

Sementara Lexus tetap menjadi merek mewah progresif dan futuristis, Century akan fokus pada eksklusivitas dan kemewahan ekstrem.

“Dalam arti tertentu, Lexus akan lebih bebas bertindak,” ujar Simon Humphreys, Chief Branding Officer Toyota, seperti dikutip dari CarScoops.

 “Lexus akan terus menjadi pelopor dalam inovasi, sedangkan Century akan menempati posisi tertinggi — the top of the top, one of one.

Desain Konsep: Kemewahan Baru ala Jepang

Related Articles

Back to top button