Mobil

Mobil Buatan Indonesia Kuasai Penjualan Lokal Suzuki 81 Persen, Laris Manis di 70 Negara

Moveroad – Kemampuan bangsa Indonesia terhadap transformasi teknologi di industri otomotif semakin kuat. Terbukti melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sudah melakukan produksi banyak model di pabrik dalam negeri. 

Bahkan dari data penjualan mobil Suzuki, penguasaan pasar menjadi hasil positif, dimana penjualan model-model mobil Suzuki 81 persennya tercatat sebagai mobil yang telah diproduksi di fasilitas pabrik Suzuki Indonesia. 

Raihan ini menurut Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS, Dominasi 81% kendaraan rakitan lokal dalam penjualan ritel Suzuki sepanjang Mei 2025 bukan sekadar indikator keberhasilan pasar.  

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Tembus 56 Ribu Unit, Sigra – Grand Max Paling Laris  

“kepercayaan konsumen atas produk Indonesia merupakan apresiasi terhadap kerja keras ribuan tenaga kerja lokal serta keterlibatan ratusan perusahaan pendukung yang tergabung dalam rantai pasok,” Ujarnya dalam keterangan resmi diterima redaksi Minggu (15/6). 

Model mobil produksi Indonesia mendominasi sekitar 81% dari total unit terjual, diantaranya New Carry, New XL7, All New Ertiga, dan APV. Diantara model tersebut, bahkan tulang punggung penjualan Suzuki di tanah air. 

Pencapaian tersebut, beruntun menjadi kondisi positif dimana ritel penjualan Suzuki pada Mei 2025 juga mengalami kenaikan 11 persen dibanding bulan sebelumnya. New Carry kembali menjadi kontributor terbesar, disusul oleh New XL7 dan All New Ertiga. 

Baca Juga : Tiga Kendaraan Suzuki Mobil dan Motor Ternyata Punya Predikat Terbaik di Indonesia 

Selain pasar domestik, ke-empat model produksi Suzuki Indonesia tersebut juga menunjukkan kontribusi strategis di panggung global. Unit-unit produksi dalam negeri telah dikapalkan ke lebih dari 70 negara. 

Mulai dari kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan Amerika Latin yang mendapatkan pasokan model dari pabrik Suzuki di Indonesia. Perluasan ekspor mempertegas posisi Indonesia dalam strategi global Suzuki.

Dalam memperluas dampak positif industri, Suzuki juga memperkuat jangkauan layanan purnajual melalui 302 jaringan dealer dan 217 bengkel resmi yang tersebar di seluruh nusantara. 

Baca Juga: Harga termurah sampai paling mahal Suzuki Fronx buatan Indonesia 

Keberadaan jaringan ini bukan hanya sebagai titik layanan, tetapi juga penggerak ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, memberdayakan sumber daya daerah, dan memperkuat ekosistem otomotif berbasis kolaborasi.

Penjualan ritel Suzuki banyak mendapat pengaruh dari kalangan pelaku usaha. sebagai kendaraan operasional untuk berbagai keperluan, hemat bbm dan tangguh. Tak heran kontribusi New Carry kami yang mencapai 55% dari keseluruhan model di line-up kami,” tutup Randy.

Related Articles

Back to top button